Kamis, 06 Maret 2014

DELPHI - Memberi Warna Pada EditText Bila Cursor Aktif

Selamat Pagi Pemirsa ...! :D
Pernah kah kita mengisi sebuah formulir (pada komputer) dan ketika cursor berada pada sebuah komponen,
komponen tersebut berubah warna?
kemudian pada saat cursor pindah ke tempat / komponen lain, warnanya kembali seperti semula?
Gampang sih.. saya yakin agan2 dah pada banyak yang tau.. hehe
tp saya cuman numpang nyatet di blog sini.. barangkali kalo saya lupa hehehe

langsung aja gan...

1. Tambahkan 1 EditText ke dalam form
2. Klick Edittext kemudian pilih event onEnter
    ketikkan coding ini :

Edittext1.Color:=clSkyBlue; // kalau cursor aktif disini, nanti warnanya berubah jadi biru langit

3. Pilih event onExit
    Ketikkan coding ini :

Edittext1.Color:=clWindow;// kalo cursor pindah ke tempat lain, warnanya kembali jadi putih

kalo warnanya pengen yang lain tinggal ganti si clSkyBlue dengan warna yang agan suka haha

oke sekian catatan sangat kecil dari saya :3
semoga bermanfaat buat yang belum pernah nyoba :D

Terimakasih telah berkunjung ke giavano.blogspot.com :D

2 komentar:

  1. masih kurang ngerti tentang gituan gan :-) nyimak saja.. BTW nice blog.... :-)
    silahkan mampir ke blog aku ya Gan.. makasih

    BalasHapus